Sejarah Lagu You’ll Never Walk Alone (Liverpool FC)


Sejak blog ini dibuat, blum kepikiran posting hal2 yg berhubungan dengan liverpool, pdhl kan kita nge fans amat, sampe2 saat liverpool juara champion 04/05 air mata secara gk sangaja kluar,,,,,hehehe,,,alay. Pendukung The Red, Liverpool , pasti tau hymne/ lagu kebangsaan-nya pendukung liverpool (the Kop) yang judulnya you’ll never walk alone. Lagu ini pasti dinyanyikan oleh pendukung setia the kop, di anfield atau di mana saja mereka berada mendukung liverpool bertanding. lagu ini Diciptakan dua orang musisi Amerika Serikat untuk pementasan opera di Broadway, Carousel, pada 1945. Mereka adalah pemusik Richard Rodgers dan pencipta lirik Oscar Hammerstein II. Pada 5 Oktober 1965, grup band asal Liverpool, Gerry & The Pacemakers, melansir albumnya yang salah satu lagunya berisi You’ll Never Walk Alone.


Sebagian sejarah menyebut, gara-gara Gerry & The Pacemakers, suporter Liverpool lantas kerap menyanyikannya. Tapi sebagian kesaksian menyebut The Kop sudah demen melagukannya beberapa pekan sebelum launching album band itu.
Sampai sekarang suporter Liverpool masih bertengkar dengan pendukung Glasgow Celtic, Skotlandia, soal siapa yang lebih berhak “memiliki” anthem tersebut. Pasalnya, para pendukung Celtic juga mengklaim sebagai suporter pertama yang menjadikannya sebagai lagu kebangsaan.
Satu yang tak bisa dimungkiri, pada akhir 1950-an dan awal 1960-an, Liverpool adalah garda depan urusan musik. Dipimpin The Beatles, yang semua anggotanya tak ada yang suka sepak bola, Kota Liverpool dikenal banyak menghasilkan band dan musisi dunia. Inilah gelombang Merseybeat–lagu dari Merseyside. Aksen orang-orang Liverpool, scouser, berbeda dengan aksen Inggris kebanyakan.
Penjelasan itu mungkin bisa menerangkan bila You’ll Never Walk Alone ala Gerry & The Pacemakers turut mendunia bersamaan dengan gelombang Merseybeat. Ipswich Town juga mengklaim lagu itu sebagai miliknya.
Banyak klub luar Inggris juga menyanyikannya: CSKA Sofia (Bulgaria); Rapid Vienna (Austria); Dinamo Zagreb (Kroasia); Ajax dan Twente (Belanda); Dortmund, Schalke, Bremen, St Pauli, Aachen, Mainz 05, dan Kaiserslautern (Jerman); AEK Athens (Yunani); FC Tokyo (Jepang); serta Brugge, Antwerp, dan Mechelen (Belgia).
Entah siapa yang sebenarnya lebih berhak
ini dia liriknya …

When you walk through a storm
Keep your head up high
And don’t be afraid of the dark.
At he end of the storm
Is a golden sky
And the sweet silver song of a lark.

Walk on through the wind,
Walk on through the rain,
Tho’ your dreams be tossed and blown.Walk on, walk on
With hope in your heart
And you’ll never walk alone,
You’ll never walk alone.

Salam buat liverpudlian..

13 Responses

  1. nice post……salam kenal….
    check it out.. klik

    • makasi…….slm knl jg….

  2. mantap…..

  3. Woi, pertama kali itu dari fans MU tau. Hahahaha

    • Dari Liverpool mana mungkin dari mu. ngimpi

    • MU mah plagiat semua… Tuh lagunya yang Glory Glory Mencret itu sebenernya dari Tottenham Hotspur… Dasar Munyok plagiat….

  4. mantabh,, salam liverpudlian…..

  5. Memang bener kawan2, lagu tsb sebenernya ditujukan utk mendiang 23 pemain united yg meninggal di munich akibat pesawat mereka jatuh di munich thn 58. Lagu tsb dikumandangkan di old trafford saat pertandingan pertama mereka stlh tragedi tsb. kita hrs akui :) salam kenal utk LFc sluruh Indonesia

    • 23 total yang meninggal bos, pemain MU yang meninggal ikut jadi korban 8 orang. Gw tau karena cari sejarah lagu YNWA… Selain seneng dan faniatik perlu kita tau sejarah agar makin cinta hahaha…

      • berati bener kan yang pertama nyanyiin 2 mancunian??
        salam damai dan salam kenal dari mancunian GGMU

  6. lagu ini hanyamilik liverpool

  7. Lagu “You’ll Never Walk Alone” ditulis oleh Richard Rodgers dan Oscar Hammerstein II untuk sebuah acara musik yang bernama “Carousel” pada tahun 1945.
    Pada tahun 1958, lagu ini pertama kalinya dikumandangkan oleh fans Manchester United dalam sebuah pertandingan di kandang mereka, Old Trafford.
    Waktu itu, kelompok musisi New Mills Operatic Society menyiapkan lagu ini untuk musikal Carousel dan mereka menyanyikan lagu ini pada partai kandang MU untuk menghormati 23 orang (termasuk 8 pemain MU) yang tewas dalam tragedi kecelakaan pesawat di Munich pada 6 Februari 1958.
    Fans MU terus menyanyikan lagu ini hingga tahun 1963. Ketika band asal Liverpool, Gerry & The Pacemakers, merekam lagu ini untuk dirilis sebagai single mereka, fans Setan Merah langsung menghapus lagu “You’ll Never Walk Alone” dalam daftar nyanyian mereka.
    Menurut saya, wajar bila fans MU langsung menghapus lagu tersebut dalam daftar nyanyian mereka. Gerry & The Pacemakers adalah band asal Liverpool. Jika anda seorang pecinta bola, anda tahu sendiri bagaimana hubungan antara kedua klub itu. Sama-sama fanatik.
    Pada 4 November 1963, lagu “You’ll Never Walk Alone” mencapai urutan teratas dalam daftar lagu pop di Inggris selama empat pekan. Pada akhirnya, lagu ini diresmikan sebagai lagu kebangsaan Liverpool.[ZonaBola]

    Salam Liverpudlian – «←®3dsnot §andenholi©™→» – @r3dsnot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: